Rabu, 20 Februari 2008

CONTOH PROPOSAL PTK

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
( PTK )


UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI TEHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH
BAGI SISWA KELAS X SMA NASIONAL MALANG



Disusun oleh :
DRS. RUSDI












PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


I. JUDUL
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI TEHNIK PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAHBAGI SISWA SISWA KELAS X SMA NASIONAL MALANG
II. BIDANG KAJIAN
Pembelajaran Matematika dan Pemberian Pekerjaan Rumah.

III. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memperlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya. Demikian halnya dengan Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidik dalam perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus dibentuk.
Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problemmatika ( permasalahan ) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak tahu darimana mesti harus diawali.
Terkait dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar ( SD ) dan Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) sampai saat ini masih jauh dan apa yang kita harapkan. Betapa kita masih ingat dengan hangat akan standarisasi Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dengan nilai masing – masing mata pelajaran 4,51 dikeluhkan oleh semua para pendidik bahkan oleh orang – orang tua siswa sendiri, karena anak atau siswanya tidak dapat lulus. Hal lucu yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Melihat kondisi rendahnya prestasi atau hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya dilakukan salah satunya adalah pemberian tugas berupa kepada siswa. Dengan pemberian pekerjaan rumah kepada siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga terjadi pengulangan dan penguatan terhadap meteri yang diberikan di sekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa.

IV. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH

Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka rumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah :
Apakah melalui tehnik pemberian tugas pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Samudra Kulon ?

Pemecahan Masalah
Siswa yang mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan diberikanya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar di sekolah maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan kertramilan atau konsep terhadap mata pelajaran – mata pelajaran yang dipelajarinya. Dengan pemberian PR secara rutin dan terorganisir dengan baik paling tidak akan mampu mengkondisikan dalam bentuk motifasi ekstinsik bagi siswa itu sendiri.
Moh. Uzer ( 1996:29) menjelaskan “Motivasi ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, atau paksaan orang lain sehingga dengan kondisi yang demikian akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar, misalnya seseorang mau belajar karena ia disuruh orang tua untuk mendapatkan peringkat pertama.”
Demikian halnya dengan guru memberikan PR dengan harapan baik itu dirasa memaksa bagi siswa atau itu karena disuruh sebagai tugas dengan perasaan terpaksa, yang jelas mengkondisikan siswa harus belajar. Dengan pola demikian tentunya anak yang lebih banyak belajar dirumah akan lebih baik misalnya dalam mata pelajaran yang dikerjakan..
a. Hipotensis
Hipotensisi yang diajukan dalam proposal penelitian ini adalah :
“ Melalui tehnik pemberian tugas pekerjaan rumah dapat meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VI SDN 1 Samudra Kulon”

V. TUJUAN PENELITIAN

1. Tujuan Umum
Tujuan peneliti yang diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa untuk meningkatkan belajar di rumah.
2. Tujuan Khusus
Adapaun tujuan khusus dari penelitian ini :
“Untuk mengetahui apakah melalui pemberian pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi belajar matematika bagi siswa kelas VI SDN 1 Samudra Kulon.”

VI. MANFAAT HASIL PENELITIAN

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
a. SDN 1 Samudra Kulon
Dengan hasil penelitian ini diharapkan SD Negeri 1 Samudra Kulon dapat lebih meningkatkan pemberdayaan pemberian pekerjaan rumah agar prestasi belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain.
b. Guru
Sebagai bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di kelasnya.
c. Siswa
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk memanfaatkan pekerjaan rumah dalam rangka meningkatkan prestasi belajarnya.

VII. KAJIAN PUSTAKA

Landasan Teori
1. Matematika
Istilah Matematika berasal dari bahasa Yunani “Mathematikos” secara ilmu pasti, atau “Mathesis” yang berarti ajaran, pengetahuan abstrak dan deduktif, dimana kesimpulan tidak ditarik berdasarkan pengalaman keindraan, tetapi atas kesimpulan yang ditarik dari kaidah – kaidah tertentu melalui deduksi (Ensiklopedia Indonesia).
Dalam Garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP )terdapat istilah Matematika Sekolah yang dimaksudnya untuk memberi penekanan bahwa materi atau pokok bahasan yang terdapat dalam GBPP merupakan materi atau pokok bahasan yang diajarkan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Direkdikdas : 1994 )
Belajar
Skinner berpandangan bahwa belajar adalah suatu perilaku. Pada saat orang belajar maka responya menjadi lebih baik dan sebaliknya bila tidak belajar responya menjadi menurun sedangkan menurut Gagne belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi limgkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapasitas baru ( Dimyati, 2002-10). Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan berusaha ( berlatih dsb )supaya mendapat suatu kepandaian ( Purwadarminta : 109 )
Belajar dalam penelitian ini diartikan segala usaha yang diberikan olh guru agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran Matematika.
Prestasi Belajar.
Prestasi belajar berasal dari kata “ prestasi “ dan “belajar’ prestasi berarti hasil yang telah dicapai (Depdikbud, 1995 : 787 ). Sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau lmu (Depdikbud, 1995 : 14 ). Jadi prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Prestasi dalam penilitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya setelah melaksanakan tugas yang diberikan padanya
Teknik
Dalam umum bahasa Indonesia teknik diartikakan cara (kepandaian, dsb) membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang berkenaan dengan kesenian (purwadarminta,: 1035). Sedangkan teknik yang dimaksud disini adalah cara tertentu yang dilakukan oleh guru yang akan dikenakan kepada siswanya dalam rangka mendapatkan informasi atau laporan yang diinginkan.
Pekerjaan rumah
Pekerjaan rumah atau yang lazim disebut PR dalam bahasa Inggris “Homework “ yang artinya mengerjakan pekerjaan rumah. Dalam penilitian ini yang dimaksudkan dengan PR adalah sebuah tugas atau pekerjaan tertentu baik tertulis atau lisan yang harus dikerjakan diluar jam sekolah (terutama dirumah) berkaitan dengan pelajaran yang telah disampaikan guru untuk meningkatkan penguasaan konsep atau ketrampilan dan sekaligus memberikan pengembangan.

VIII. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN

Rencana Penelitian
1. Subjek penelitian
Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Samudra Kulon kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas jumlah siswa 38 orang.
Pertimbangan penulis mengambil subyek penilitiann tersebut dimana siswa kelas VI telah mampu dan memiliki kemandirian dalam mengerjakan tugas seperti PR, karena siswa kelas VI telah mampu membaca dan menulis serta berhitung yang cukup. Selain itu penulis pengajar di kelas VI.
2. Tempat Penelitian
Dalam penilitian ini penulis mengambil lokasi di SD Negeri 1 Samudra Kulon, kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subyek penlitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.
3. Waktu Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan Agustus s.d Oktober. Waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester I Tahun pelajaran 2007/2008.
4. Lama Tidakan
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan Okteber, mulai dari siklus I, Siklus II dan Siklus III.

Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain :
1. Perencanaan
Meliputi penyampaian materi pelajaran, latian soal, pembahasan latian soal, tugas pekerjaan rumah ( kegiatan penelitian utama ) pembahasan PR, ulangan harian.

2. Tindakan ( Action )/ Kegiatan, mencakup
a. Siklus I, meliputi : Pendahuluan, kegiatan pokok dan penutup.
b. Siklus II ( sama dengan I )
c. Siklus III ( sama dengan I dan II )
3. Refleksi, dimana perlu adanya pembahasan antara siklus – siklus tersebut untuk dapat menentukan kesimpulan atau hasil dari penelitian.

IX. JADWAL PENELITIAN

No
KEGIATAN
MINGGU KE……..
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Perencanaan












2
Proses pembelajaran












3
Evaluasi












4
Pengumpulan Data












5
Analisis Data












6
Penyusunan Hasil












7
Pelaporan Hasil














X. BIAYA PENELITIAN
Akibat yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung jawab peneliti, adapun biaya tersebut adalah :
1. Fotocopy Naskah : Rp 2. Kerta folio 1 pack : Rp 3. jilid buku : Rp 4. Rental Komputer : Rp 5. lain – lain : Rp
JUMLAH : Rp
XI. ROSITA PENELITI
Penelitian ini melibatkan Tim peneliti, identitas dari Tim tersebut adalah :
1. Nama : DRS. RUSDI
NIM : 30302003075
Pekerjaan : GuruTetap P2PUTN Malang
Tugas dalam penelitian : Pengumpulan dan Analisis Data sosial

CANDA GURU

SATU

Peraturan di sebuah sekolah berbunyi: Apabila seorang guru terlambat masuk kelas selama 15 menit, kelas akan dibubarkan. Seorang guru tiba lebih awal untuk mengajar pada pukul 09.00. Dia meletakkan topinya di atas meja, lalu pergi ruang guru.
Tanpa disadari, waktu sudah menunjukkan pukul 09.10. Saat dia tiba dikelas, ternyata sudah kosong.Keesokan harinya, dia memberi peringatan kepada seluruh murid. "Jika topi saya di sini, tandanya saya berada disini!". Pada hari berikutnya, guru tersebut tiba di kelas pukul 09.00. Begitu dia memasuki kelas, yang didapatinya adalah 32 topi di atas 32 meja,dan tak seorangpun murid tampak batang hidungnya.

DUA

Seorang guru bertanya pada muridnya: “Budi, mengapa begitu susah bagimu untuk belajar bagaimana mengeja kata-kata?” Budi menjawab: “Pak Guru sih, selalu menanyakan kata yang berbeda setiap kalinya."

TIGAAAAAA

Ada dua sahabat, masing-masing mempunyai seorang anak , yang satu laki-laki berumur 6 tahun dan lainnya perempuan berumur 3 tahun .
Suatu saat mereka bertemu ..... Ayah si anak laki tiba-tiba mempunyai ide..., lalu berkata pada sahabatnya. "Sahabatku, untuk mempererat tali persahabatan kita ,bagaimana seandainya kita jodohkan anak-anak kita setelah mereka dewasa nanti?"Setelah berpikir sejenak, sang sahabat menjawab :" Wah, tidak mau, mana boleh.???".Ayah si laki terkejut mendengar jawaban sahabatnya :"Lho...? kok kenapa ???!""Kalau begitu rugi anak saya dong !, coba kamu pikirkan, sekarang usia anakmu 6 tahun dan usia anak saya baru 3 tahun, berarti usia anakmu DUA KALI lipat usia anak saya. Bagaimana nanti, jika anak saya sudah berumur 25 tahun , tentu anakmu sudah berusia 50 tahun ??? Wah, mana boleh..., mana boleh....!!" ujarnya sambil berlalu.........

EMMPANG

Sudiono, murid bandel di sebuah sekolah dasar sering tidak masuk sekolah (absen) tanpa alasan yang jelas. Setelah kesekian kalinya tidak masuk, suatu hari dia dimarahi oleh gurunya.
"Sudi, kalau kamu nggak masuk karena sakit atau halangan, kamu 'kan bisa kirim surat! Jangan seenaknya saja!"Dengan tenang, Sudiono menjawab, "Dulu Sudi pernah kirim surat izin sakit ke Ibu, tapi nggak pernah dibalas, jadi malas untuk buat surat lagi ...."

LEMA'

BERSAMBUNG YAAAA

Kunjungan SMA Nasional

Rombongan SMA Nasional Malang Mengadakan Kunjungan Studi Lapangan
Ke Fasilitas Pusat Data Penginderaan Jauh LAPAN
Pekayon, 5 April 2006
Dalam rangka mengembangkan dan menambah wawasan pelajar tentang
pelajaran Geografi di sekolah, maka perlu dilakukan studi lapangan ke tempat
tempat yang mendukung. Untuk merealisasikan semua itu pelajar SMA Nasional I
mengadakan kunjungan studi lapangan ke fasilitas Pusat Data Inderaja LAPAN.
Acara kunjungan studi ini diikuti oleh 48 pelajar dan 6 orang guru pembimbing.
Dalam acara kunjungan, seluruh hadirin mendapat sambutan hangat dari
pihak LAPAN dan diterima di gedung Training Kantor Kedeputian Bidang
Penginderaan Jauh LAPAN, Pekayon Pasar Rebo - Jakarta Timur. Acara kunjungan
diisi dengan pemaparan tentang tugas pokok dan fungsi LAPAN dan Kedeputian
Bidang Penginderaan Jauh, Dasar-dasar Penginderaan Jauh serta pengenalan
fasilitas penginderaan jauh oleh staf Bidang Penyajian Data (JIANTA) Yudho
Dewanto, ST. Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi/tanya jawab tentang
penginderaan jauh dan penyerahan kenang-kenangan berupa majalah dan CD hasil
presentasi.
Acara kunjungan pelajar SMA Nasional I diakhiri dengan peninjauan fasilitas
di Pusdata LAPAN seperti : Bidang Produksi Data (PRODATA) untuk menyaksikan
proses pengolahan data satelit Inderaja dan ke fasilitas pelayanan pengguna data
pada Bidang Penyajian Data (JIANTA).
Gambar 1. Yudho Dewanto, ST saat
menyampaikan materi presentasi di depan
siswa/siswi SMA Nasional I
Gambar 2. Suasana diskusi/tanya jawab

MENGENAL SISWA

Mengenal Siswa
Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak
Sunday, 17 February 2008
Waktu itu, dini hari, di sebuah rumah sederhana. Rahman dan isterinya terbangun karena mendengar derak pintu terbuka. Dipasangnya telinganya tajam-tajam. Mereka yakin suara itu berasal dari kamar anaknya, yang berusia tujuh tahun. Langkah-langkah kecil, terdengar seperti berjingkat-jingkat, bergerak menuju satu-satunya kamar mandi di rumah itu. Mereka mendengar suara air mengalir yang disusul dengan suara gerakan membasuh.
Selengkapnya...
Revolusi Permainan yang Mengkhawatirkan
Sunday, 17 February 2008
Bisa dibilang, dunia permainan anak-anak sekarang ini sedang mengalami revolusi. Permainan tradisional yang tumbuh dalam budaya agraris di pedesaan kini digantikan berbagai permainan elektronik produksi industri hiburan yang dipasarkan di pusat-pusat perbelanjaan.
Selengkapnya...
Pengetahuan Tersembunyi
Monday, 04 February 2008
Buat anak sekarang, masuk sekolah bagus, pintar saja tak cukup. Perlu punya plusnya. Setidaknya ini di Amerika. Supaya diterima di universitas peringkat atas, selain otak encer, nilai tambah juga dilihat. Bisa aktivitas di luar pelajaran atau punya keistimewaan yang tak setiap orang punya. Jago meniup terompet, misalnya.
Selengkapnya...
Winnie, Raih Emas Olimpiade Bermodal Ketekunan
Monday, 14 January 2008
Raut muka malu-malu ditunjukkan Winnie Jesslyn (12) saat diberi ucapan selamat atas suksesnya meraih gelar The Best Experiments pada ajang Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Internasional di Jakarta, 11-17 November 2007. Namun, ketika ditanya soal zat-zat kimia, Winnie dengan percaya diri menjelaskan proses eksperimentasinya dengan bidang yang ditekuninya itu.
Selengkapnya...
More...
Peraih Emas Olimpiade Matematika Tingkat Dunia, Dua Bulan Belajar Enam Jam Sehari
Dila, Murid Teladan Yang Takut Tak Lulus Ujian
Ciri-ciri Anak Kreatif ...1)
Ciri-ciri Anak Kreatif ...2)
Anakku Malas Belajar
Konstruksi Sosial Kenakalan Remaja
Penyalahgunaan Narkotika Oleh Remaja Ditinjau dari Psikiatri
Mengapa Tawuran?
Anak Berbakat, Apa Sih?
Ekskul Picu Siswa Berprestasi

DSAIN PEMBELAJARAN

CONTOH MODEL PEMBELAJARAN 5

Sekolah : SD ……..
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : VI / 2 (dua)
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
Merancang teks dengan mengintegrasikan gambar, tabel dan grafik pada dokumen
B. Kompetensi Dasar
20. Mengintegrasikan teks, gambar, tabel dan grafik (chart)

C. Indikator pencapaian kompetensi siswa
1. Produk
a. Membuat
b. Membuat informasi dengan tampilan artistik
2. Proses
a. Mengaktifkan program pengolah kata
b. Membuat berkas baru (teks pengumuman atau brosur)
c. Menyisipkan objek (gambar, tabel dan grafik, clipart )
d. Mengatur posisi gambar, tabel, grafik dan clipart.
e. Mencetak file akhir yang terdiri dari gabungan teks,clipart, gambar, tabel dan grafik.
3. Ketrampilan Sosial
a. Tanggung Jawab.
b. Komunikasi tertulis
c. Komunikasi lisan
d. Kemampuan bekerja sama
e. Menghargai pendapat orang lain
f. Menghargai karya orang lain

D. Materi Pokok
Pembuatan teks bergambar

E. Pendekatan Model Pembelajaran
1. Pembelajaran Langsung
2. Pembelajaran Kooperatif
F. Sumber Dan Media Pembelajaran
1. Sarana dan Prasarana :
- Perangkat komputer
- Lembar kerja siswa
- Buku cetak

2. Kondisi :
- Perbandingan 1 Perangkat dengan 4 siswa (1 : 4 )
- Pada daerah semi perkotaan

G. Strategi Pembelajaran
1. Organisasi Kelas
Membentuk kelompok 1 kelompok 4 orang dengan 1 perangkat komputer

2. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Pendahuluan
a. Mengarahkan siswa untuk mengambil potongan gambar dan membentuk kelompok sesuai gambar yang dibentuk
b. Motivasi : menanyakan kepada siswa apakah pernah menggunakan fasili-tas-fasilitas lain yang ada dalam program pengolah kata

a. Membentuk kelompok



b. Menjawab pertanyaan, menceritakan apa yang pernah dilakukan atau menunjukkannya jika dimungkinkan



Kegiatan Inti
a. Menyampaikan indikator/hasil pembelajaran yang diharapkan dari PBM ini
b. Memberikan tugas dalam bentuk lembar kerja (terlampir)
c. Mengarahkan dan mengawasi siswa untuk membuat teks/berkas baru sesuai contoh pada lembar kerja
d. Memberikan contoh cara menyisipkan gambar, clipart, tabel dan grafik ke dalam teks.
e. Mengarahkan siswa dan mengawasi siswa untuk mengatur posisi gambar, clipart, tabel dan grafik di dalam teks sesuai keinginan agar tampil lebih artistik
f. Mengarahkan dan mengawasi siswa dalam mencetak dan mempresenta-sikan hasil karya mereka
a. Menyimak


b. Mengamati contoh berkas tugas yang diberikan
c. Membuat teks/berkas baru sesuai tugas dalam lembar kerja secara berkelompok sambil berdiskusi
d. Menyisipkan gambar, clipart, tabel dan grafik ke dalam teks sesuai contoh yang diberikan guru
e. Mengatur posisi gambar, clipart, tabel dan grafik di dalam teks agar tampil artistik dan mendiskusikannya dalam kelompok


f. Mencetak berkas dan mempresentasikan hasil karya kelompok
Penutup
a. Memberi penghargaan terhadap kelompok dengan kinerja baik
b. Memberi penghargaan kepada individu dengan kinerja baik
c. Menarik kesimpulan pembelajaran secara bersama
a. Mengumpulkan hasil karya dan menerima penilaian kelompok dan individu.
b. Membuat kesimpulan

H. Penilaian;
1. Jenis Tagihan
Unjuk kerja, produk
2. Bentuk Instrumen
Lembar observasi
3. Soal/Instrumen
Lembar kerja :
Buatlah sebuah karya publikasi salah satu dari berkas yang kalian bawa dengan kriteria :
1. Format yang sesuai dengan contoh karya
2. Terdapat gambar, WordArt, dan Tabel, grafik dan teks
3. Menggunakan menu Draw
4. Melakukan pencetakan

4. Contoh Instrumen Penilaian (lembar Observasi) :
Penilaian Kelompok
No
Aspek/Instrumen
Skala Nilai
Jumlah Nilai
Psikomotor
Kuantitatif
21 x 10 =
4 x 7
4
3
2
1
1
Format yang sesuai dengan contoh karya

v


2
Menyisipkan dan mengatur gambar
v



3
Menyisipkan dan mengatur WordArt

v


4
Menyisipkan dan mengatur Tabel

v


5
Menyisipkan dan mengatur grafik

v


6
Kesesuaia/keindahan tata letak

v


7
Melakukan pencetakan


v


Jumlah
21
7.5
Afektif
Kualitatif
Keterangan
A
B
C
D
1
Tanggung jawab terhadap tugas
v




2
Kreatifitas dan Inovasi

v


3
Mengajukan pertanyaan

v


4
Mengungkapan pendapat

v


5
Menanggapi petanyaan/pendapat

v


6
Motivasi dalam pembelajaran
v



7
Kedisiplinan

v


8
Menghargai karya orang lain

v




Keterangan :
Penilaian Psikomotor :
Jumlah Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 10
Banyaknya skala x Jumlah instrumen
Penilaian Afektif : Jakarta, ……………………
A = Sangat baik Guru Mata Pelajaran ……...
B = Baik
C = Cukup ……………………………..
D = Kurang NIP. ……………………….

STRUKTUR KURIKULUM SMA NASIONAL

PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL MALANG
SMA “NASIONAL”
NSS : 314056101050
STATUS : TERAKRIDITASI BAIK
Jl. Sudanco Supriadi No. 50 Telp. (0341) 802835 Malang

STRUKTUR KURIKULUM
SMA NASIONAL MALANG
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
KELAS X

Komponen
Alokasi Waktu
Semester 1
Semester 2
A. Mata Pelajaran


1. Pendidikan Agama
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
3. Bahasa Indonesia
4
4
4. Bahasa Inggris
4
4
5. Matematika
4
4
6. Fisika (2)
2
2
7. Biologi (2)
2
2
8. Kimia (2)
2
2
9. Sejarah (1)
10. Geografi (1)
11. Ekonomi
12. Sosiologi
2
2
2
2
2
2
2
2
13. Seni Budaya
2
2
14. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
15. Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

2
B. Muatan Lokal
Lingkungan Hidup
2

2

C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
Jumlah
41
41

Malang, 7 Juli 2007
Mengetahui, Waka Kurikulum
Kepala SMA Nasional Malang



ACHMAD RIDWAN, S.Pd. MM. Drs. R U S D I
NIP. 131 864 295 NIP.P. 3030200375



PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL MALANG
SMA “NASIONAL”
NSS : 314056101050
STATUS : TERAKRIDITASI BAIK
Jl. Sudanco Supriadi No. 50 Telp. (0341) 802835 Malang

STRUKTUR KURIKULUM
SMA NASIONAL MALANG
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
KELAS XI DAN XII PROGRAM ILMU ALAM



Komponen
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama

2

2
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
3. Bahasa Indonesia (4)
4
4
5
5
4. Bahasa Inggris (4)
4
4
5
5
5. Matematika (4)
5
5
6
6
6. Fisika (4)
4
4
5
5
7. Kimia (4)
4
4
5
5
8. Biologi
4
4
4
4
9. Sejarah (1)
2
2
2
2
10. Seni Budaya
2
2
2
2
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
13. Keterampilan/Bahasa Asing lain




B. Muatan Lokal
Lingkungan Hidup
2

2

2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
39
39
42
42

Malang, 7 Juli 2007
Mengetahui, Waka Kurikulum
Kepala SMA Nasional Malang



ACHMAD RIDWAN, S.Pd. MM. Drs. R U S D I
NIP. 131 864 295 NIP.P. 3030200375



PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL MALANG
SMA “NASIONAL”
NSS : 314056101050
STATUS : TERAKRIDITASI BAIK
Jl. Sudanco Supriadi No. 50 Telp. (0341) 802835 Malang

STRUKTUR KURIKULUM
SMA NASIONAL MALANG
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
KELAS XI DAN XII PROGRAM ILMU SOSIAL

Komponen
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A. Mata Pelajaran
Pendidikan Agama

2

2

2

2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
Bahasa Indonesia (4)
4
4
5
5
Bahasa Inggris (4)
4
4
5
5
Matematika
4
4
4
4
Sejarah
3
3
3
3
Geografi
3
3
3
3
Ekonomi (4)
4
4
5
5
Sosiologi
3
3
3
3
Seni Budaya
2
2
2
2
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
Akuntansi
2
2
3
3
B. Muatan Lokal
Lingkungan Hidup
2

2

2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
39
39
43
43

Malang, 7 Juli 2007
Mengetahui, Waka Kurikulum
Kepala SMA Nasional Malang



ACHMAD RIDWAN, S.Pd. MM. Drs. R U S D I
NIP. 131 864 295 NIP.P. 3030200375

Selasa, 19 Februari 2008

KALENDER SMA NASIONAL MALANG

KALENDER SMA NASIONAL MALANG
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
HARI /
MG
SN
SL
RB
KM
JM
SB
JUMLAH
TANGGAL
KEGIATAN
KETERANGAN
HARI /
MG
SN
SL
RB
KM
JM
SB
JUMLAH
TANGGAL
KEGIATAN
KETERANGAN
BULAN







MINGGU



BULAN







MINGGU




1
2
3
4
5
6
7







1
2
3
4
5

10 - 11
Libur Th. Baru H. 1429 + Th. Baru Imlek
2 hari
Juli
8
9
10
11
12
13
14
01 - 14
Libur semester
14 Hari
Januari
6
7
8
9
10
11
12
7 - 16
Ujian Semester Ganjil
7 hari
2006
15
16
17
18
19
20
21
16
Rapat awal tahun pelajaran
1 Hari
2007
13
14
15
16
17
18
19
17 - 21
Remidial
4 hari

22
23
24
25
26
27
28
16 - 21
MOS
6 hari

20
21
22
23
24
25
26
24
Pembagian raport semester ganjil


29
30
31





16
Awal Tahun Pelajaran 2007/2008


27
28
29
30
31



25 - 31
Libur semester










23 - 28
Pembuatan Silabus dan Modul

















1
2
3
4










1
2

01
Awal Pelajaran Semster genap

Agustus
5
6
7
8
9
10
11
11
Libur hari besar Islam / Isra' Mi'raj
1 hari
Februari
3
4
5
6
7
8
9



2006
12
13
14
15
16
17
18
20
Naskah ulangan blok 1,2 (UH1)
1 hari
2007
10
11
12
13
14
15
16




19
20
21
22
23
24
25
15 - 18
Kegiatan HUT RI
3 hari

17
18
19
20
21
22
23




26
27
28
29
30
31


20 - 25
Supervisi perangkat Pembelajaran


24
25
26
27
28
29












1











1




September
2
3
4
5
6
7
8
03 - 08
Monitoring Ulangan Blok (UH 1)

Maret
2
3
4
5
6
7
8
03 - 05
Naskah ulangan blok 4,5 (UH3)

2006
9
10
11
12
13
14
15
12 - 14
Libur awal puasa
3 hari
2007
9
10
11
12
13
14
15
10 - 17
Monitoring Ulangan Blok 4,5 (UH 3)


16
17
18
19
20
21
22
15 - 29
Kegiatan hari efektif fakultatif


16
17
18
19
20
21
22
22
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
1 hari

23
24
25
26
27
28
29

24 - 29
Ulangan Tengah Semester
6 hari

23
24
25
26
27
28
29

28
Libur / Wafatnya Isa Al-Masih
1 hari

30










30
31







1
2
3
4
5
6

01
Ulangan Tengah Semester
1 hari



1
2
3
4
5

07 - 12
Ulangan tengah semester genap
6 hari
Oktober
7
8
9
10
11
12
13
02 - 03
Pondok Ramadhan
2 hari
April
6
7
8
9
10
11
12
07 - 12
Ulangan semester genap kelas 3
6 hari
2006
14
15
16
17
18
19
20
05
Raport Tengah Semester

2007
13
14
15
16
17
18
19
19
Pembagian raport tengah semester Genap
1 hari

21
22
23
24
25
26
27
06 - 20
Libur puasa dan hari raya
13 hari

20
21
22
23
24
25
26
21 - 23
Ujian Sekolah kelas 3
3 hari

28
29
30
31




22 - 31
Hari Efektif PBM


27
28
29
30




































1
2
3









1
2
3




Nopember
4
5
6
7
8
9
10


M e i
4
5
6
7
8
9
10
08
Libur kenaikan Isa Al-Masih
1 hari
2006
11
12
13
14
15
16
17
12 - 17
Naskah ulangan blok 3 (UH2)

2007
11
12
13
14
15
16
17
13 - 15
Ujian Nasional
3 hari

18
19
20
21
22
23
24




18
19
20
21
22
23
24
19 - 24
Naskah ulangan blok 6 (UH 4)


25
26
27
28
29
30






25
26
27
28
29
30
31

19- 31
Naskah ulangan semester genap




















1




Desember
2
3
4
5
6
7
8
04 - 09
Monitoring Ulangan Blok (UH 2)


1
2
3
4
5
6
7




2006
9
10
11
12
13
14
15



Juni
8
9
10
11
12
13
14
09 - 16
Ujian semester genap
7 hari

16
17
18
19
20
21
22
20
Libur Hari Idul Adha
1 hari
2007
15
16
17
18
19
20
21
19 - 23
Remidial
4 hari

23
24
25
26
27
28
29

24 - 26
Libur Hari Raya Natal
3 hari

22
23
24
25
26
27
28
25
Hari raya Waisak
1 hari

30
31










29
30






28
Pembagian raport semester genap
Kenaikan kelas

1
2
3
4
5
6
7

02 - 14
libur semester genap

Juli
8
9
10
11
12
13
14
02 - 10
HER REGESTRASI

2007
15
16
17
18
19
20
21




22
23
24
25
26
27
28




29
30
31




















Malang, 01 Juli 2008
Kepala SMA Nasional Malang
ACHMAD RIDWAN, SPd.MM
NIP. 131864295
KALENDER SMA NASIONAL MALANG
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
HARI /
MG
SN
SL
RB
KM
JM
SB
JUMLAH
TANGGAL
KEGIATAN
KETERANGAN
HARI /
MG
SN
SL
RB
KM
JM
SB
JUMLAH
TANGGAL
KEGIATAN
KETERANGAN
BULAN







MINGGU



BULAN







MINGGU




1
2
3
4
5
6
7







1
2
3
4
5

10 - 11
Libur Th. Baru H. 1429 + Th. Baru Imlek
2 hari
Juli
8
9
10
11
12
13
14
01 - 14
Libur semester
14 Hari
Januari
6
7
8
9
10
11
12
7 - 16
Ujian Semester Ganjil
7 hari
2007
15
16
17
18
19
20
21
16
Rapat awal tahun pelajaran
1 Hari
2008
13
14
15
16
17
18
19
17 - 21
Remidial
4 hari

22
23
24
25
26
27
28
16 - 21
MOS
6 hari

20
21
22
23
24
25
26
24
Pembagian raport semester ganjil


29
30
31





16
Awal Tahun Pelajaran 2007/2008


27
28
29
30
31



25 - 31
Libur semester










23 - 28
Pembuatan Silabus dan Modul

















1
2
3
4










1
2

01
Awal Pelajaran Semster genap

Agustus
5
6
7
8
9
10
11
11
Libur hari besar Islam / Isra' Mi'raj
1 hari
Februari
3
4
5
6
7
8
9



2007
12
13
14
15
16
17
18
20
Naskah ulangan blok 1,2 (UH1)
1 hari
2008
10
11
12
13
14
15
16




19
20
21
22
23
24
25
15 - 18
Kegiatan HUT RI
3 hari

17
18
19
20
21
22
23




26
27
28
29
30
31


20 - 25
Supervisi perangkat Pembelajaran


24
25
26
27
28
29












1











1

03 - 08
Pembuatan Kisi-Kartu soal UAS
6 hari
September
2
3
4
5
6
7
8
03 - 08
Monitoring Ulangan Blok (UH 1)

Maret
2
3
4
5
6
7
8
03 - 05
Naskah ulangan blok 4,5 (UH3)

2007
9
10
11
12
13
14
15
12 - 14
Libur awal puasa
3 hari
2008
9
10
11
12
13
14
15
10 - 17
Monitoring Ulangan Blok 4,5 (UH 3)


16
17
18
19
20
21
22
15 - 29
Kegiatan hari efektif fakultatif


16
17
18
19
20
21
22
22
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
1 hari

23
24
25
26
27
28
29

24 - 29
Ulangan Tengah Semester
6 hari

23
24
25
26
27
28
29

28
Libur / Wafatnya Isa Al-Masih
1 hari

30










30
31







1
2
3
4
5
6

01
Ulangan Tengah Semester
1 hari



1
2
3
4
5

07 - 12
Ulangan tengah semester genap
6 hari
Oktober
7
8
9
10
11
12
13
02 - 03
Pondok Ramadhan
2 hari
April
6
7
8
9
10
11
12
07 - 12
Ulangan semester genap kelas 3
6 hari
2007
14
15
16
17
18
19
20
05
Raport Tengah Semester

2008
13
14
15
16
17
18
19
19
Pembagian raport tengah semester Genap
1 hari

21
22
23
24
25
26
27
06 - 20
Libur puasa dan hari raya
13 hari

20
21
22
23
24
25
26
1-5 & 14-19
Ujian Praktik
6 hari

28
29
30
31




22 - 31
Hari Efektif PBM


27
28
29
30




22 - 24
Ujian Nasional
3 hari





























1
2
3









1
2
3

05 - 07
Ujian Sekolah
3 hari
Nopember
4
5
6
7
8
9
10


M e i
4
5
6
7
8
9
10
08
Libur kenaikan Isa Al-Masih
1 hari
2007
11
12
13
14
15
16
17
12 - 17
Naskah ulangan blok 3 (UH2)

2008
11
12
13
14
15
16
17




18
19
20
21
22
23
24




18
19
20
21
22
23
24
19 - 24
Naskah ulangan blok 6 (UH 4)


25
26
27
28
29
30






25
26
27
28
29
30
31

19- 31
Naskah ulangan semester genap




















1




Desember
2
3
4
5
6
7
8
04 - 09
Monitoring Ulangan Blok (UH 2)


1
2
3
4
5
6
7




2007
9
10
11
12
13
14
15



Juni
8
9
10
11
12
13
14
09 - 16
Ujian semester genap
7 hari

16
17
18
19
20
21
22
20
Libur Hari Idul Adha
1 hari
2008
15
16
17
18
19
20
21
19 - 23
Remidial
4 hari

23
24
25
26
27
28
29

24 - 26
Libur Hari Raya Natal
3 hari

22
23
24
25
26
27
28
25
Hari raya Waisak
1 hari

30
31










29
30






28
Pembagian raport semester genap
Kenaikan kelas



1
2
3
4
5

02 - 12
libur semester genap

Juli
6
7
8
9
10
11
12
02 - 10
HER REGESTRASI

2008
13
14
15
16
17
18
19




20
21
22
23
24
25
26




27
28
29
30
31


















Malang, 01 Juli 2007
Kepala SMA Nasional Malang
ACHMAD RIDWAN, SPd.MM
NIP. 131864295
KALENDER SMA NASIONAL MALANG
TAHUN PELAJARAN 2006/2007
HARI /
MG
SN
SL
RB
KM
JM
SB
JUMLAH
TANGGAL
KEGIATAN
KETERANGAN
HARI /
MG
SN
SL
RB
KM
JM
SB
JUMLAH
TANGGAL
KEGIATAN
KETERANGAN
BULAN







MINGGU



BULAN







MINGGU

















1
2
3
4
5
6

08 - 13
Ujian semester ganjil
7 hari
Juli
1
2
3
4
5
6
7
01 - 15
Libur semester
15 hari
Januari
7
8
9
10
11
12
13
15 - 17
Remidial
3 hari
2006
8
9
10
11
12
13
14
17
Rapat awal tahun pelajaran

2007
14
15
16
17
18
19
20
20-Jan
Pembagian raport semester ganjil
1 hari

15
16
17
18
19
20
21
17 - 21
MOS
6 hari

21
22
23
24
25
26
27
24 - 30
Libur semester
7 hari

22
23
24
25
26
27
28

17
Awal Tahun Pelajaran 2005/2006


28
29
30
31




31-Jan
Awal Pelajaran Semster genap


29
30
31





24 - 29
Pembuatan Silabus dan Modul

















1
2
3
4









1
2
3




Agustus
5
6
7
8
9
10
11
19-Jul
Naskah ulangan blok 1,2 (UH1)

Februari
4
5
6
7
8
9
10



2006
12
13
14
15
16
17
18
14 - 17
Kegiatan HUT RI
4 hari
2007
11
12
13
14
15
16
17




19
20
21
22
23
24
25
22 - 26
Supervisi perangkat Pembelajaran


18
19
20
21
22
23
24




26
27
28
29
30
31


21
Libur hari besar Islam / Isra' Mi'raj
1 hari

25
26
27
28













1
2

2
Peringatan Isra' Mi'raj
1 hari





1
2
3

01 - 03
Naskah ulangan blok 4,5 (UH3)

September
3
4
5
6
7
8
9
04 - 09
Monitoring Ulangan Blok (UH 1)

Maret
4
5
6
7
8
9
10
06 - 11
Monitoring Ulangan Blok 4,5 (UH 3)

2006
10
11
12
13
14
15
16



2007
11
12
13
14
15
16
17




17
18
19
20
21
22
23




18
19
20
21
22
23
24




24
25
26
27
28
29
30

23 - 25
Libur awal puasa
3 hari

25
26
27
28
29
30
31

25
Libur / Wafatnya Isa Al-Masih
1 hari

1
2
3
4
5
6
7





1
2
3
4
5
6
7

09 -14
Ulangan tengah semester genap
6 hari
Oktober
8
9
10
11
12
13
14
09 - 14
Ulangan Tengah Semester
6 hari
April
8
9
10
11
12
13
14
Ulangan semester genap kelas 3

2006
15
16
17
18
19
20
21
16 - 17
Pondok Ramadhan
2 hari
2007
15
16
17
18
19
20
21
20-Jan
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
1 hari

22
23
24
25
26
27
28
19
Raport Tengah Semester
1 hari

22
23
24
25
26
27
28
21
Pembagian raport tengah semester
1 hari

29
30
31





17 - 31
Libur puasa dan hari raya
13 hari

29
30






16 - 21
Ujian praktek
6 hari









25 - 26
Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1427 H










23 - 25
Ujian Sekolah kelas 3
3 hari




1
2
3
4

01 - 4
Libur hari raya
1 hari



1
2
3
4
5

05
Libur kenaikan Isa Al-Masih
1 hari
Nopember
5
6
7
8
9
10
11


M e i
6
7
8
9
10
11
12



2006
12
13
14
15
16
17
18
14 - 19
Naskah ulangan blok 3 (UH2)

2007
13
14
15
16
17
18
19
14 - 16
Ujian Nasional
3 hari

19
20
21
22
23
24
25




20
21
22
23
24
25
26
14 - 19
Naskah ulangan blok 6 (UH 4)


26
27
28
29
30







27
28
29
30
31



28 - 31
Naskah ulangan semester genap



















1
2




Desember
3
4
5
6
7
8
9
04 - 09
Monitoring Ulangan Blok (UH 2)







1
2

01 - 02
Naskah ulangan semester genap

2006
10
11
12
13
14
15
16



Juni
3
4
5
6
7
8
9
11 - 18
Ujian semester genap


17
18
19
20
21
22
23



2007
10
11
12
13
14
15
16
19 - 23
Remidial
7 hari

24
25
26
27
28
29
30

26 - 27
Libur Hari Raya Natal
2 hari

17
18
19
20
21
22
23
25
Rapat pleno kenaikan
7 hari

31











24
25
26
27
28
29
30

30-Jan
Pembagian raport semester genap
Kenaikan kelas

1
2
3
4
5
6
7

02 - 14
libur semester genap

Juli
8
9
10
11
12
13
14



2007
15
16
17
18
19
20
21




22
23
24
25
26
27
28




29
30
31




















Malang, 01 Juli 2006
Kepala SMA Nasional Malang
ACHMAD RIDWAN, SPd.
NIP. 131864295
KALENDER SMA NASIONAL MALANG
KHUSUS KELAS XII
TAHUN PELAJARAN 2006/2007
HARI /
MG
SN
SL
RB
KM
JM
SB
JUMLAH
TANGGAL
KEGIATAN
KETERANGAN
HARI /
MG
SN
SL
RB
KM
JM
SB
JUMLAH
TANGGAL
KEGIATAN
KETERANGAN
BULAN







MINGGU



BULAN







MINGGU










1






1
2
3
4
5
6

08 - 13
Ujian semester ganjil
7 hari
Juli
2
3
4
5
6
7
8
01 - 15
Libur semester
15 hari
Januari
7
8
9
10
11
12
13
15 - 17
Remidial
3 hari
2006
9
10
11
12
13
14
15
17
Rapat awal tahun pelajaran

2007
14
15
16
17
18
19
20
20-Jan
Pembagian raport semester ganjil
1 hari

16
17
18
19
20
21
22
17 - 21
MOS
6 hari

21
22
23
24
25
26
27
24 - 30
Libur semester
7 hari

23
24
25
26
27
28
29

17
Awal Tahun Pelajaran 2005/2006


28
29
30
31




31-Jan
Awal Pelajaran Semster genap


30
31






24 - 29
Pembuatan Silabus dan Modul
















1
2
3
4
5









1
2
3




Agustus
6
7
8
9
10
11
12
19-Jul
Naskah ulangan blok 1,2 (UH1)

Februari
4
5
6
7
8
9
10



2006
13
14
15
16
17
18
19
14 - 17
Kegiatan HUT RI
4 hari
2007
11
12
13
14
15
16
17
12 - 17 Feb
Pembuatan Kisi-kisi Ulangan STM Genap


20
21
22
23
24
25
26
22 - 26
Supervisi perangkat Pembelajaran


18
19
20
21
22
23
24

kelas XII


27
28
29
30
31



21
Libur hari besar Islam / Isra' Mi'raj
1 hari

25
26
27
28




19 - 24
Pembuatan kisi-kisi UAS







1
2

2
Peringatan Isra' Mi'raj
1 hari





1
2
3




September
3
4
5
6
7
8
9
04 - 09
Monitoring Ulangan Blok (UH 1)

Maret
4
5
6
7
8
9
10
5 - 10 Maret
Ulangan SMT Genap Kelas XII

2006
10
11
12
13
14
15
16



2007
11
12
13
14
15
16
17
12 - 20 Mrt
Ujian Praktek


17
18
19
20
21
22
23




18
19
20
21
22
23
24
26 - 28 Mrt
Ujian Akhir Sekolah


24
25
26
27
28
29
30

23 - 25
Libur awal puasa
3 hari

25
26
27
28
29
30
31

31
Koreksi bersama
1 hari

1
2
3
4
5
6
7





1
2
3
4
5
6
7

09 -14
Ulangan tengah semester genap
6 hari
Oktober
8
9
10
11
12
13
14
09 - 14
Ulangan Tengah Semester
6 hari
April
8
9
10
11
12
13
14


2006
15
16
17
18
19
20
21
16 - 17
Pondok Ramadhan
2 hari
2007
15
16
17
18
19
20
21
20-Jan
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
1 hari

22
23
24
25
26
27
28
19
Raport Tengah Semester
1 hari

22
23
24
25
26
27
28
17 - 19
Ujian Nasional


29
30
31





17 - 31
Libur puasa dan hari raya
13 hari

29
30


















25 - 26
Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1427 H

















1
2
3
4

01 - 4
Libur hari raya
1 hari



1
2
3
4
5

05
Libur kenaikan Isa Al-Masih
1 hari
Nopember
5
6
7
8
9
10
11


M e i
6
7
8
9
10
11
12



2006
12
13
14
15
16
17
18
14 - 19
Naskah ulangan blok 3 (UH2)

2007
13
14
15
16
17
18
19


3 hari

19
20
21
22
23
24
25




20
21
22
23
24
25
26
14 - 19
Naskah ulangan blok 6 (UH 4)


26
27
28
29
30







27
28
29
30
31



28 - 31
Naskah ulangan semester genap



















1
2




Desember
3
4
5
6
7
8
9
04 - 09
Monitoring Ulangan Blok (UH 2)







1
2

01 - 02
Naskah ulangan semester genap

2006
10
11
12
13
14
15
16



Juni
3
4
5
6
7
8
9
11 - 18
Ujian semester genap


17
18
19
20
21
22
23



2007
10
11
12
13
14
15
16
19 - 23
Remidial
7 hari

24
25
26
27
28
29
30

26 - 27
Libur Hari Raya Natal
2 hari

17
18
19
20
21
22
23
25
Rapat pleno kenaikan
7 hari

31











24
25
26
27
28
29
30

30-Jan
Pembagian raport semester genap
Kenaikan kelas

1
2
3
4
5
6
7

02 - 14
libur semester genap

Juli
8
9
10
11
12
13
14



2007
15
16
17
18
19
20
21




22
23
24
25
26
27
28




29
30
31




















Malang, 01 Juli 2006
Kepala SMA Nasional Malang
ACHMAD RIDWAN, SPd.
NIP. 131864295

PROFIL SMA NASIONAL

PROFIL SMA NASIONAL MALANG


Nama : SMA NASIONAL MALANG
Badan Hukum: YAYASAN PENDIDIKAN TINGGI PASUNDAN
Berdiri: 17 Juli 1983
Alamat : Jl. S. Supriadi 50 Malang
Nomor Telepon : 0341-802835
Faksimili: -
Website: http://www.smanasmalang@blogspot.yahoo.com
Email: smanasmalang@yahoo.co.id
Kepala Sekolah: ACHMAD RIDWAN, S.Pd.,MM
Wakil Kepala Sekolah: Drs. RUSDI
Bendahara : Trinani Herutami

MISI SMA NASIONAL

1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang efektif dan efisien
2. Meningkatkan prestasi akademik peserta didik
3. Membentuk peserta didik yang berakhlak dan berbudi pekerti luhur
4. Menumbuhkan minat beribadah
5. Meningkatkan prestasi ekstra kurikuler
6. Menumbuhkan minat baca
7. Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris
8. Meningkatkan wawasan keilmuan
9. Mengembangkan jiwa kewiraswastaan (entrepreneurship)

VISI SMA NASIONAL

VISI SMA NASIONAL MALANG
Unggul dalam prestasi, beriman, bertakwa, berbudi pekerti luhur dan santun dalam kepribadian serta kreatif dan terampil dalam keseharian.