Rabu, 20 Februari 2008

DSAIN PEMBELAJARAN

CONTOH MODEL PEMBELAJARAN 5

Sekolah : SD ……..
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : VI / 2 (dua)
Alokasi waktu : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
Merancang teks dengan mengintegrasikan gambar, tabel dan grafik pada dokumen
B. Kompetensi Dasar
20. Mengintegrasikan teks, gambar, tabel dan grafik (chart)

C. Indikator pencapaian kompetensi siswa
1. Produk
a. Membuat
b. Membuat informasi dengan tampilan artistik
2. Proses
a. Mengaktifkan program pengolah kata
b. Membuat berkas baru (teks pengumuman atau brosur)
c. Menyisipkan objek (gambar, tabel dan grafik, clipart )
d. Mengatur posisi gambar, tabel, grafik dan clipart.
e. Mencetak file akhir yang terdiri dari gabungan teks,clipart, gambar, tabel dan grafik.
3. Ketrampilan Sosial
a. Tanggung Jawab.
b. Komunikasi tertulis
c. Komunikasi lisan
d. Kemampuan bekerja sama
e. Menghargai pendapat orang lain
f. Menghargai karya orang lain

D. Materi Pokok
Pembuatan teks bergambar

E. Pendekatan Model Pembelajaran
1. Pembelajaran Langsung
2. Pembelajaran Kooperatif
F. Sumber Dan Media Pembelajaran
1. Sarana dan Prasarana :
- Perangkat komputer
- Lembar kerja siswa
- Buku cetak

2. Kondisi :
- Perbandingan 1 Perangkat dengan 4 siswa (1 : 4 )
- Pada daerah semi perkotaan

G. Strategi Pembelajaran
1. Organisasi Kelas
Membentuk kelompok 1 kelompok 4 orang dengan 1 perangkat komputer

2. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Pendahuluan
a. Mengarahkan siswa untuk mengambil potongan gambar dan membentuk kelompok sesuai gambar yang dibentuk
b. Motivasi : menanyakan kepada siswa apakah pernah menggunakan fasili-tas-fasilitas lain yang ada dalam program pengolah kata

a. Membentuk kelompok



b. Menjawab pertanyaan, menceritakan apa yang pernah dilakukan atau menunjukkannya jika dimungkinkan



Kegiatan Inti
a. Menyampaikan indikator/hasil pembelajaran yang diharapkan dari PBM ini
b. Memberikan tugas dalam bentuk lembar kerja (terlampir)
c. Mengarahkan dan mengawasi siswa untuk membuat teks/berkas baru sesuai contoh pada lembar kerja
d. Memberikan contoh cara menyisipkan gambar, clipart, tabel dan grafik ke dalam teks.
e. Mengarahkan siswa dan mengawasi siswa untuk mengatur posisi gambar, clipart, tabel dan grafik di dalam teks sesuai keinginan agar tampil lebih artistik
f. Mengarahkan dan mengawasi siswa dalam mencetak dan mempresenta-sikan hasil karya mereka
a. Menyimak


b. Mengamati contoh berkas tugas yang diberikan
c. Membuat teks/berkas baru sesuai tugas dalam lembar kerja secara berkelompok sambil berdiskusi
d. Menyisipkan gambar, clipart, tabel dan grafik ke dalam teks sesuai contoh yang diberikan guru
e. Mengatur posisi gambar, clipart, tabel dan grafik di dalam teks agar tampil artistik dan mendiskusikannya dalam kelompok


f. Mencetak berkas dan mempresentasikan hasil karya kelompok
Penutup
a. Memberi penghargaan terhadap kelompok dengan kinerja baik
b. Memberi penghargaan kepada individu dengan kinerja baik
c. Menarik kesimpulan pembelajaran secara bersama
a. Mengumpulkan hasil karya dan menerima penilaian kelompok dan individu.
b. Membuat kesimpulan

H. Penilaian;
1. Jenis Tagihan
Unjuk kerja, produk
2. Bentuk Instrumen
Lembar observasi
3. Soal/Instrumen
Lembar kerja :
Buatlah sebuah karya publikasi salah satu dari berkas yang kalian bawa dengan kriteria :
1. Format yang sesuai dengan contoh karya
2. Terdapat gambar, WordArt, dan Tabel, grafik dan teks
3. Menggunakan menu Draw
4. Melakukan pencetakan

4. Contoh Instrumen Penilaian (lembar Observasi) :
Penilaian Kelompok
No
Aspek/Instrumen
Skala Nilai
Jumlah Nilai
Psikomotor
Kuantitatif
21 x 10 =
4 x 7
4
3
2
1
1
Format yang sesuai dengan contoh karya

v


2
Menyisipkan dan mengatur gambar
v



3
Menyisipkan dan mengatur WordArt

v


4
Menyisipkan dan mengatur Tabel

v


5
Menyisipkan dan mengatur grafik

v


6
Kesesuaia/keindahan tata letak

v


7
Melakukan pencetakan


v


Jumlah
21
7.5
Afektif
Kualitatif
Keterangan
A
B
C
D
1
Tanggung jawab terhadap tugas
v




2
Kreatifitas dan Inovasi

v


3
Mengajukan pertanyaan

v


4
Mengungkapan pendapat

v


5
Menanggapi petanyaan/pendapat

v


6
Motivasi dalam pembelajaran
v



7
Kedisiplinan

v


8
Menghargai karya orang lain

v




Keterangan :
Penilaian Psikomotor :
Jumlah Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 10
Banyaknya skala x Jumlah instrumen
Penilaian Afektif : Jakarta, ……………………
A = Sangat baik Guru Mata Pelajaran ……...
B = Baik
C = Cukup ……………………………..
D = Kurang NIP. ……………………….

Tidak ada komentar: